cara menghitung keperluan genteng

Pada artikel kali ini yang akan saya uraikan adalah tentang bagaimana menghitung keprluan genteng, cara menghitung kebutuhan genteng. Genteng tentunya menjadi

salah satu kebutuhan penting saat anda akan membangun sebuah rumah. Saat ini di pasaran bahkan di media online sekalipun sudah banyak yang mempromosikan genteng dagangannya.

Genteng memang dipergunakan sebagai atap rumah yang akan melindungi rumah anda dari hujan maupun panas. Mereka yang akan membangun sebuah rumah tentunya sangat membutuhkannya.

Dalam kebutuhan tersebut, biasanya juga disesuaikan dengan luas atap rumahnya.

Jadi anda tentunya bisa lebih menghemat dalam mengeluarkan biaya untuk pembelian genteng rumah anda. Tetapi bagi anda yang belum berpengalaman apalagi tidak pernah bergelut di bidang bangunan tentunya belum paham mengenai cara menghitungnya.

Kebanyakan orang lebih memilih mempercayakan pekerjaan pembangunan rumah kepada jasa arsitektur.

Prinsip Dasar Perhitungan Jumlah Genteng

1. Genteng PLETONG BULAT volume 25 buah/meter persegi
2. Genteng PLENTONG PAPAK volume 25 buah/meter persegi
3. Genteng KODOK volume 25 buah/meter persegi
4. Genteng MAGAZ volume 25 buah/meter persegi
5. Genteng MORANDO volume 19 buah/meter persegi
6. Kerpus volume 4 buah/meter

Perhitungan diatas digunakan menggunakan patokan luas permukaan atap yang akan dipasang genteng. Artinya setiap meter persegi reng terpasang pada atap.

Adakalanya patokan diatas kurang dapat dimanfaatkan secara maksimal bagi konsumen yang membangun rumahnya masih lama tetapi mereka berkeinginan membeli genteng terlebih dahulu karena takut harganya akan naik.

Berikut kami berikan patokan jumlah Genteng Majenang Kebumen berdasarkan luas bangunan yang akan dibangun :

RUMUS MENG HITUNG PEMAKAIAN GENTENG

Jumlah Genteng= P x L x 42
Keterangan:
P: Panjang Bangunan
L: Lebar Bangunan
42: Berasal dari pengalaman

Ada cara mudah dan Tips Cara Menghitung Kebutuhan Genteng Untuk Atap Rumah Kita Secara cepat, sebagai berikut :

1) Di Hitung Dari Luas Atap

Sebagai contoh, misalkan luas atap rumah Anda 10 m x 9 m = 90 m2. Dengan dua sisi atap maka total luas atap Anda menjadi 180 m2. Jika Anda menggunakan jenis genteng kodok sm sokka / plentong untuk 1 m2-nya berisi 25 buah sehingga jumlah genteng yang dibutuhkan sebanyak 180 m2 x 25 = 4.500 buah.

Lebihkan saat memesan untuk mengantisipasi jika terjadi kebocoran di lain hari.

2) Dari panjang dan lebar pondasi

Misalkan panjang rumah = 9 m dan lebar 6 m. Tambahkan 1 m untuk panjang dan lebarnya sehingga luasnya menjadi = 10 x 7 = 70 m2. Kemudian jumlah luas tersebut dikalikan 35 sehingga jumlah genteng yang dibutuhkan minimal 70 m2 x 35 = 2.450 buah.

Jangan lupa dengan terasnya. Jika luas teras 5 x 4 m= 20 m—>20 x 35 = 700 buah sehingga minimal total genteng yang dibutuhkan 3.150 m2. Lebihkan saat memesan untuk persediaan dan mengantisipasi jika terjadi kebocoran di lain hari.

Kesimpulan :

Jika anda ingin menggunakan jenis genteng mantili super dengan daya cakupan 25 m2 sebagai contoh luas rumah anda 10 x 9 m2 = 90 m2

berarti kita tinggal mengkalikan jumlah luas rumah dengan daya cakupan genteng yang kita inginkan 180 x 25 = 4.500 buah
Untuk Genteng Lain seperti genteng mantili jumbo dan genteng flat atau genteng sirap

Tinggal Menyesuaikan dan Baca Spesifikasi pada genteng yang anda inginkan

Mungkin itu saja yang dapay saya uraikan, semoga artikel cara menghitung keperluan genteng dapat membantu Anda. Cara manakah yang akan anda coba, selamat mencoba.